Utak-atik Instagram API - Auto Like and Get Follower List

Jadi ceritanya, beberapa minggu yang lalu, Niantic yang dikomandoi John Hanke tiba-tiba marah besar, dan memutuskan untuk tidak tinggal diam atas aksi bot besar-besaran yang terjadi di Pokemon GO. Akibatnya, jutaan user account diban permanen. Ya, ID saya juga termasuk yang menjadi korban ban permanen (tidak bisa login ke dalam game).
Padahal, ID saya pokemonnya sudah komplit dan sedikit lagi level 40.
Tapi yo wes lah, begitulah Pokemon GO, kita hanya bisa berusaha ngebot tetapi John Hanke-lah yang menentukan... *sambil misuh-misuh

Setelah tragedi ban besar-besaran tersebut, saya masih mencoba berusaha membuat ID dan tentu saja ngebot lagi. Kali ini dengan settingan yang sedikit berbeda, dengan kecepatan yang lebih rendah. Tapi apa mau dikata, ternyata sistem anti-cheat yang dipasang oleh Niantic tetap berhasil mengendus botter dengan sempurna. Alhasil, kena ban permanen lagi deh...

Karena saya sudah menyerah bertarung melawan anti-cheat sistem dari Niantic, akhirnya saya mencari keisengan lain...

Kali ini Instagram yang jadi korbannya. 

Ada dua alasan kenapa saya memilih Instagram untuk jadi korban keisengan saya kali ini.

Yang pertama, kebetulan saya dan dua teman saya sedang memulai bisnis menjual alat-alat pembuat kopi. Dan salah satu kegiatan yang harus kami lakukan adalah memaintain akun Instagram. Kedua teman saya itu mengaku sibuk dan tidak punya waktu untuk memaintain akun Instagram kami, akhirnya saya mengajukan diri untuk memaintain akun tersebut. 

Tentu saja, lagi-lagi, karena saya adalah orang yang sangat malas, saya mencari bot Instagram. Kali ini saya mencari tools agar akun Instagram kami bisa otomatis nge-like postingan orang lain. Bot Instagram tersebut akan menggunakan tag-tag yang sudah kita pilih lalu akan otomatis nge-like salah satu postingan acak.

Hasilnya cukup lumayan, setelah jalan 3 hari, bot saya sudah berhasil menetaskan hampir 3000 likes. 

Begini penampakan botnya:



Dari 3000 likes tersebut, akun Instagram kami sudah mendapatkan 60 followers dalam waktu 3 hari. Jadi, by numbers, untuk setiap 50 likes yang anda berikan ke orang lain, kemungkinan anda akan mendapatkan 1 follower baru. 


Hasil yang cukup lumayan dengan effort yang bisa dibilang sangat minim. Lagi-lagi, saya cukup puas dengan kinerja auto-like dari bot Instagram tersebut.

Yang kedua, kebetulan salah satu sahabat saya adalah penggiat Instagram. Karena satu dan lain hal, dia sedang mencari tools untuk mendapatkan daftar semua follower dari sebuah akun Instagram. Perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan daftar semua follower, prosesnya tidak mudah. Karena sekarang Instagram membatasi jumlah follower yang didisplay.

Setelah menghabiskan ribuan detik untuk mencari tools tersebut, saya mendapati semua tools di pasaran sifatnya berbayar.

Karena saya malas plus pelit, saya tidak rela untuk merogoh kantong demi mendapatkan tools berbayar tersebut. Akhirnya saya memulai petualangan untuk mencari dan memodifikasi tools yang ada. 

Belum ada sepersepuluh purnama, tools untuk mendapatkan daftar follower sudah berhasil nangkring di komputer saya. Alat ini menggunakan Private Instagram API yang kemudian saya modifikasi sedikit untuk mendapatkan hasil yang saya mau.

Outputnya berbentuk .csv yang dapat dibaca dengan mudah menggunakan Excel. Berikut penampakannya:



Sekian sharing hasil keseloan saya di hari Minggu sore yang panas ini.

Jika ada yang tertarik untuk lebih lanjut mengutak-atik Instagram API ini, silakan masukkan comment anda di bawah ini.


Cheers!

HS
Seorang Pemalas.

SHARE ON:

Prakerta Research Labs adalah komunitas riset yang bertujuan memberikan jasa konsultasi gratis bagi pengusaha UMKM di bidang Teknologi Informasi

1 komentar: